Al-Hafiz Ibnu Hajar mengambil
dalil tentang bolehnya memperingati Maulid Nabi dengan mendasarkannya pada
prinsip yang telah tetap dalam sunnah. Dalil ini diambil dari peristiwa ketika
orang Yahudi Madinah berpuasa pada tanggal 10 Muharam (Asyura) untuk memperingati
hari keselamatan Nabi Musa AS dari kejaran Fir’aun, sebagai bentuk rasa syukur
atas nikmat Allah.
Kesamaan inilah yang menjadi
dasar bahwa memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW juga merupakan bentuk rasa
syukur atas kelahiran beliau. Dalil tersebut berdasarkan hadis sahih yang
diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, sebagai berikut:
واستنبط الحافظ
ابن حجر تخريج
عمل المولد على
أصل ثابت في
السنة، وهو ما في
الصحيحين:
حدثني ابن
أبي عمر حدثنا
سفيان عن أيوب
عن عبد الله
بن سعيد بن
جبير عن أبيه
عن ابن عباس
رضي الله عنهما
أن رسول الله
ﷺ قدم المدينة
فوجد اليهود صياماً يوم
عاشوراء، فقال لهم رسول
الله ﷺ: ما
هذا اليوم الذي
تصومونه؟ فقالوا: هذا يوم
عظيم، أنجى الله فيه
موسى وقومه وغرق فرعون
وقومه، فصامه موسى شكراً
فنحن نصومه. فقال رسول
الله ﷺ: فنحن
أحق وأولى بموسى
منكم. فصامه رسول الله
ﷺ وأمر بصيامه.
Ketika Rasulullah SAW datang
ke Madinah, beliau mendapati orang-orang Yahudi sedang berpuasa pada tanggal 10
Muharam. Rasulullah bertanya: “Hari apa ini sehingga kalian semua berpuasa?”
Mereka menjawab: “Ini adalah hari besar di mana Allah telah menyelamatkan Nabi
Musa dan menenggelamkan Fir’aun beserta kaumnya. Nabi Musa berpuasa pada hari
ini sebagai bentuk syukur, maka kami pun berpuasa.” Rasulullah kemudian
bersabda: “Kami lebih berhak dan lebih utama terhadap Musa dibanding kalian.”
Lalu Rasulullah SAW pun berpuasa dan memerintahkan umat Islam untuk berpuasa
pada hari Asyura.
Hadis ini menunjukkan dasar
disyariatkannya peringatan atas keselamatan Nabi Musa dan kaumnya melalui
ibadah puasa, yang kemudian diikuti oleh kaumnya, bahkan kaum Quraisy jahiliyah
di Makkah, serta Yahudi Madinah pada zaman Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW
sendiri mendukung amalan tersebut, berpuasa pada hari Asyura, dan memerintahkan
umatnya untuk melakukannya.
Atas dasar inilah, secara umum
peringatan terhadap suatu peristiwa penting, seperti Maulid Nabi, dapat
dihukumi sunnah. Al-Hafiz Ibnu Hajar menilai peringatan Maulid Nabi adalah
cabang dari sunnah memperingati keselamatan Nabi Musa pada hari Asyura.
Hadis Sahih Bukhari
حدثنا قتيبة
بن سعيد حدثنا
الليث عن يزيد
بن أبي حبيب
أن عراك بن
مالك حدثه أن عروة
أخبره عن عائشة
رضي الله عنها
أن قريشاً كانت
تصوم يوم عاشوراء في
الجاهلية، ثم أمر
رسول الله ﷺ بصيامه
حتى فرض رمضان،
وقال رسول الله ﷺ:
من شاء فليصمه
ومن شاء أفطر.
Puasa Asyura sudah dilaksanakan sejak zaman jahiliah.
Setelah Islam datang, Rasulullah SAW memerintahkan untuk berpuasa Asyura hingga
kewajiban puasa Ramadan ditetapkan. Setelah itu, Rasulullah bersabda: “Barang
siapa yang ingin berpuasa Asyura silakan, dan barang siapa yang tidak ingin
berpuasa pun tidak mengapa.”
Dari keterangan ini, para ulama
menjelaskan bahwa Rasulullah SAW berpuasa Asyura berdasarkan wahyu, tawatur,
atau ijtihad, bukan semata-mata mengikuti tradisi orang Yahudi. Sebagaimana
dijelaskan Imam Nawawi:
فصامه أيضاً
بوحي أو تواتر
أو اجتهاد، لا
بمجرد أخبارهم كما في
النووي
“Rasulullah SAW berpuasa Asyura
berdasarkan wahyu, tawatur, atau ijtihad, bukan hanya berdasarkan berita dari
orang Yahudi.”
Referensi
Hawasyi Sahih Muslim, Juz 3, Halaman 150.
Sahih Muslim, Juz 3, Halaman 150.
I’anatut Thalibin, Juz 3, Halaman 414.
Sahih Bukhari, Juz 2, Halaman 226.
Penulis: Jenal Mutaqin
Ketua LBM PCNU KBB