Hukum Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Menurut Pendapat Al-Hafiz Ibnu Hajar

Breaking News

Hukum Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Menurut Pendapat Al-Hafiz Ibnu Hajar

 



Al-Hafiz Ibnu Hajar mengambil dalil tentang bolehnya memperingati Maulid Nabi dengan mendasarkannya pada prinsip yang telah tetap dalam sunnah. Dalil ini diambil dari peristiwa ketika orang Yahudi Madinah berpuasa pada tanggal 10 Muharam (Asyura) untuk memperingati hari keselamatan Nabi Musa AS dari kejaran Fir’aun, sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah.

Kesamaan inilah yang menjadi dasar bahwa memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW juga merupakan bentuk rasa syukur atas kelahiran beliau. Dalil tersebut berdasarkan hadis sahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, sebagai berikut:

 

واستنبط الحافظ ابن حجر تخريج عمل المولد على أصل ثابت في السنة، وهو ما في الصحيحين:

حدثني ابن أبي عمر حدثنا سفيان عن أيوب عن عبد الله بن سعيد بن جبير عن أبيه عن ابن عباس رضي الله عنهما أن رسول الله قدم المدينة فوجد اليهود صياماً يوم عاشوراء، فقال لهم رسول الله : ما هذا اليوم الذي تصومونه؟ فقالوا: هذا يوم عظيم، أنجى الله فيه موسى وقومه وغرق فرعون وقومه، فصامه موسى شكراً فنحن نصومه. فقال رسول الله : فنحن أحق وأولى بموسى منكم. فصامه رسول الله وأمر بصيامه.

Ketika Rasulullah SAW datang ke Madinah, beliau mendapati orang-orang Yahudi sedang berpuasa pada tanggal 10 Muharam. Rasulullah bertanya: “Hari apa ini sehingga kalian semua berpuasa?” Mereka menjawab: “Ini adalah hari besar di mana Allah telah menyelamatkan Nabi Musa dan menenggelamkan Fir’aun beserta kaumnya. Nabi Musa berpuasa pada hari ini sebagai bentuk syukur, maka kami pun berpuasa.” Rasulullah kemudian bersabda: “Kami lebih berhak dan lebih utama terhadap Musa dibanding kalian.” Lalu Rasulullah SAW pun berpuasa dan memerintahkan umat Islam untuk berpuasa pada hari Asyura.

Hadis ini menunjukkan dasar disyariatkannya peringatan atas keselamatan Nabi Musa dan kaumnya melalui ibadah puasa, yang kemudian diikuti oleh kaumnya, bahkan kaum Quraisy jahiliyah di Makkah, serta Yahudi Madinah pada zaman Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW sendiri mendukung amalan tersebut, berpuasa pada hari Asyura, dan memerintahkan umatnya untuk melakukannya.

Atas dasar inilah, secara umum peringatan terhadap suatu peristiwa penting, seperti Maulid Nabi, dapat dihukumi sunnah. Al-Hafiz Ibnu Hajar menilai peringatan Maulid Nabi adalah cabang dari sunnah memperingati keselamatan Nabi Musa pada hari Asyura.

Hadis Sahih Bukhari

 

حدثنا قتيبة بن سعيد حدثنا الليث عن يزيد بن أبي حبيب أن عراك بن مالك حدثه أن عروة أخبره عن عائشة رضي الله عنها أن قريشاً كانت تصوم يوم عاشوراء في الجاهلية، ثم أمر رسول الله بصيامه حتى فرض رمضان، وقال رسول الله : من شاء فليصمه ومن شاء أفطر.

Puasa Asyura sudah dilaksanakan sejak zaman jahiliah. Setelah Islam datang, Rasulullah SAW memerintahkan untuk berpuasa Asyura hingga kewajiban puasa Ramadan ditetapkan. Setelah itu, Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang ingin berpuasa Asyura silakan, dan barang siapa yang tidak ingin berpuasa pun tidak mengapa.”

Dari keterangan ini, para ulama menjelaskan bahwa Rasulullah SAW berpuasa Asyura berdasarkan wahyu, tawatur, atau ijtihad, bukan semata-mata mengikuti tradisi orang Yahudi. Sebagaimana dijelaskan Imam Nawawi:

 

فصامه أيضاً بوحي أو تواتر أو اجتهاد، لا بمجرد أخبارهم كما في النووي

Rasulullah SAW berpuasa Asyura berdasarkan wahyu, tawatur, atau ijtihad, bukan hanya berdasarkan berita dari orang Yahudi.”

 

Referensi

Hawasyi Sahih Muslim, Juz 3, Halaman 150.

Sahih Muslim, Juz 3, Halaman 150.

I’anatut Thalibin, Juz 3, Halaman 414.

Sahih Bukhari, Juz 2, Halaman 226.

 

Penulis: Jenal Mutaqin

Ketua LBM PCNU KBB

© Copyright 2022 - NU KBB Online